DESAIN BENGKEL

Dari waktu ke waktu dunia otomotif yang ada di indonesia saat ini mengalami perkembangan yang pesat. Oleh sebab itu keberadaan bengkel motor maupun mobil menjadi kesempatan bagi pengusaha yang berkecimpung dalam dunia otomotif. Bengkel motor maupun mobil sekarang bertebaran di pinggir jalan-jalan di seleruh penjuru kota di indonesia. Banyak pengusaha yang menekuni bisnis dunia otomotif dimana perkembangan bisnisnya tidak diragukan lagi. Bengkel merupakan pusat kegiatan di bidang industri otomotif, dimana memerlukan perhatian dalam hal desain bengkel yang menarik minat konsumen dan mendukung keseluruhan kegiatan yang ada di dalamnya.

Desain bengkel yang menarik konsumen akan meningkatkan income bulanan bagi pengusaha. Oleh karena itu pengusaha otomotif harus berpikir dengan jeli bagaimana mendesain bengkel yang dapat menarik minat konsumen untuk datang dan menggunakan jasa bengkel tersebut. Hal-hal yang diperlukan pengusaha di bidang industri otomotif untuk mendesain bengkel dengan baik dibutuhkan keperluan kebutuhan diantaranya lahan bengkel yang cukup luas dapat menampung beberapa kendaraan dan desain atap yang lebih tinggi sehingga udara tidak pengap dan konsumen merasa nyaman. Hal tersebut di perlukan dalam mendesain bengkel sehingga dapat menampung peralatan dimana  akan memerlukan tempat yang cukup. Desain kontruksi dalam membuat gedung bengkel juga harus di perhatikan, seperti penggunaan struktur dengan struktur rangka baja ringan dan bisa juga di kombinasikan dengan konstruksi yang lain.

Sirkulasi udara juga diperlukan dalam bengkel, sehingga dapat mengantisipasi jika terjadi adanya asap motor maupun mobil yang diservis. Sehingga diperlukan desain dinding dengan banyak ventilasi udara. Ventilasi udara yang didesain dengan lebar digunakan untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik dan cukup segar sehingga karyawan juga dapat mengerjakan dengan  kerja yang penuh semangat dan kesehatan karyawan yang terjaga.