DESAIN RUKO

Lahan yang sekarang ini sudah langka dan harganya yang tinggi menjadikan alasan seseorang membangun ruko dua lantai. Meskipun desain ruko sedikit rumit, tetapi cara ini cukup efektif untuk mengatasi keterbatasan lahan sementara usaha tetap bisa berjalan. Bangunan ruko memerlukan bahan yang lebih luas karena nantinya akan dijadikan tempat jual beli yang melibatkan banyak orang.

Ruko yang menggunakan konsep minimalis dua lantai bisa didirikan diatas sebidang tanah kurang lebih 20 meter x 23 meter. Intinya desain lebih diprioritaskan untuk interior. Dalam hal ini interior memang harus unik sehingga warna-warna menarik yang mencolok digunakan untuk mengundang perhatian orang disekitarnya.

Pola interior misalkan berupa garis-garis horizontal dengan warna khas minimalis dan dikombinasikan bidang kotak pada balkon serta pilar. Untuk menghindari udara pengap di lantai dua dipasang kotak di tembok balkon berbentuk vertikal dan horizontal sebagai ventilasi.  Desain arsitektur ruko yang menggunakan railing besi berbentuk kotak dengan yang menyambung dari lantai paling bawah hingga atas, tidak hanya berfungsi untuk akses cahaya dan sirkulasi udara namun untuk memberi kesan lebih luas pada bangunan.

Supaya interior ruko jauh dari kesan monoton, sebaiknya pagar balkon dipilih dari railing besi berbentuk kotak warna hitam dengan motif saling silang. Untuk lis tembok balkon lebih ideal menggunakan warna oranye supaya terlihat lebih kontras dengan ornament lainnya. Sementara untuk pilar depan ruko sebaiknya dilapisi keramik berbentuk kecil-kecil warna hitam yang didesain dengan model yang unik. Desain keramik pada pilar tersebut dapat dikombinasikan dengan semacam plat leufel sehingga terlihat lebih mencolok serta menarik perhatian. Pilar serta railing agar kontras  bisa menggunakan warna hitam, sedangkan kusen, jendela, dan pintu ruko menggunakan bahan alumunium.

Desain arsitektur ruko dapat menggunakan konstruksi atap berbentuk perisai dengan bahan rangka galvalum serta genteng beton flat. Meskipun bentangnya mencapai 10 meter namun kuda-kuda dari rangka tersebut dapat disangga oleh tembok pembatas yang melintang tepat ditengah-tengah rangka atap. Supaya unit ruko lebih menyatu menjadi satu bangunan, maka pada atap balkon bisa ditambahkan plat leufel warna putih yang membentang dari satu ujung ke ujung lainnya.