DESAIN KANTOR

Tau enggak kantor itu apa? Yang dimaksud dengan sebuah kantor, jika dilihat secara etimologis  kantor berasal dari bahasa Belanda yaitu Kantoor yang artianya ruangan tempat bekerja, tempat Instansi dan lain-lain. Jika dalam bahasa inggris berasa dari kata Office yang berarti tempat untuk memberikan pelayanan, ruang tempat bekerja. Ada juga pengertian kantor yang dibagi menjadi dua diantaranya arti kantor secara dinamis dan secara statis.

Arti  kantor secara dinamas adalah proses dalam hal penyelenggaraan kegiatan misalnya pengumpulan, pencatatan, pengolahan,penyimpanan maupun pendistribusian data. Dan jika kantor dalam arti sempit merupakan tempat untuk menyelenggarakan kegiatan administarasi atau sebagai Tata Usaha.

Sedangkan kantor secara statis merupakan tempat kerja, ruang kerja, biro, instansi, badan, perusahaan maupun tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan serta pendistribusian data.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa sebuah kantor dapat diartikan sebagai bagian yang menjadi pusat bagi kegiatan administrasi dan pengendalian kegiatan pengolahan data atau informasi.

Tujuan dibangun sebuah kantor yaitu untuk memberikan sistem pelayanan yang berupa komunikasi dan penyimpanan data serta berkumpulnya orang-orang yang mengerjakan suatu pekerjaan untuk meencapai target yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan fungsi kantor sendiri digunakan untuk menerima informasi ,merekam informasi, memberikan informasi dimana ktika sebuah organisasi sudah berkembang dan dikelola banyak orang personil, maka akses informasi pun akan lebih sulit disebarkan, nah untuk mengatasi hal ini organisasi menjadikan kantor sebagai wadah maupun pusat informasi yang valid dan terpercaya bagi setiap personil dan melindungi aset kantor diman setiap organisai/ perusahaan pasti memiliki banyak berkas penting yang berbentuk file dan dokumen. Nah, agar file maupun dokumen tersusun rapi maka seluruh berkas biasanya disimpan di dalam brankas kantor.

Unsur-Unsur Sebuah Kantor

Adapun unsur-unsur sebuah kantor, diantaranya terdiri dari:

  • Gedung yang terdiri dari bangunan, ruangan-ruangan dan perlengkapan lainnya.
  • Personil yang terdiri dari seluruh orang yang bekerja dan ada hubungannya dengan organisasi yang terdapat di kantor. Misalnya: Adanya pimpinan,karyawan dan lain-lain.
  • Peralatan yang terdiri dari alat maupun mesin yang ada di kantor.

Ciri-Ciri Sebuah Kantor

Adapun ciri-ciri sebuah kantor, diantaranya terdiri dari:

  • Membantu pimpinan dalam merumuskan pekerjaan, metode kerja maupun penyerdehanaan sistem manajemen.
  • Membantu dalam hal administrasi maupun tata usaha untuk mencapat target yang telah ditentukan.

Sebuah kantor yang umum di pikiran seseorang mungkin melibatkan ruangan yang tertutup dan deretan persegi atau cubicle yang mengelilingi deretan pekerja. Biasanya warna-warna netral mendominasi ruangan sebuah kantor.Tetapi seiring dengan perkembangan zaman dan industri, ruang kantor sekarang tidak tampak seperti itu lagi. Sekarang tampak terbuka dengan banyaknya working space untuk karyawan bekerja di outdoor. Warna-warna yang cerah menghiasi ruangan kantor.

Dunia bisnis kebutuhannya beda bagi industri sehingga ruang kerja pun berbeda bentuknya. Sekarang ini ruang kerja tidak terlihat monoton atau begitu begitu saja.Sehingga karyawan yang bekerja menjadi nyaman. Di bawah ini macam jenis kantor yang mulai populer.

  • Virtual Office

Virtual office tidak benar-benar ada secara fisik. Hanya terdapat alamat surat dan poin kontak yang bisa dihubungi. Misalkan sebuah startup  menjalaka bisnisnya dari rumah tetapi juga menyewa sebuah virtual office  di gedung perkantoran. Maka, startup tersebut seakan beralamat di gedung yang disewa. Jadi, walaupun startup dijalankan dirumah, bsinis tersebut tetap mendapatkan kredibilitas di antara pengguna. Keuntungan dalam hal penawaran menggunakan virtual office adalah dalam space service, dimana servis ini memberikan alamat profesional, alamat surat, tempat meeting dan kesempatan menyewa tempat untuk sementara waktu.

  • Serviced Office

Untuk tempat kerja yang satu ini tidak hanya menyediakan tempat tetapi juga menyediakan segala pengurusnya. Manajemen fasilitas yang menjadi pengurus akan menyewakan ruangan kerja atau lantai kerja untuk beberapa perusahaan yang berbeda. Biasanya serviced offiece terletak di kota-kota besar. Tujuan dibentuk serviced office memberikan fleksibelitas bagi pengusaha yang menggunakan. Biasanya dapat disewa dengan mudah. Serviced Office ditujukan untuk perusahaan yang baru memasuki sebuah lokasi baru, startup, atau pekerjaan project-based. Sehingga dapat membantu untuk menghemat biaya human resource.

  • Coworking Space

Coworking space merupakan tempat pengusaha dari bisnis yang berbeda dan dapat berbagi kantor. Coworking space memiliki organisasi yang mengorganisir aktivitas di dalamnya. Coworking space dimulai dari sebuah komunitas yang memiliki visi yang sama, sehingga memilih untuk bekerja dalam ruang kerja yang sama.  Selain itu, entrepreneur yang sedang traveling juga bisa menggunakan coworking space yang dapat disewa per hari. Selain menjadi tempat bekerja yang kondusif, coworking space juga sering digunakan untuk event komunitas dan pengusaha, sehingga entrepreneur yang bekerja di dalamnya tidak hanya bekerja tetapi juga memperluas network.

JASA ARSITEK JAKARTA