DESAIN KANTOR

Tampak depan sebuah bangunan menjadi penilaian paling pertama dan dapat mencerminkan seperti apa bangunan tersebut. Oleh sebab itu, dalam membangun sebuah bangunan alangkah baiknya bila bagian depan atau fasade bangunan tersebut dibuat semenarik dan seindah mungkin. Bangunan yang dikatakan indah tidak hanya bangunan yang memiliki model yang besar dan megah, bangunan yang kecil atau sederhana pun bisa dibuat menjadi menarik dan indah asalkan menerapkan desain secara tepat dan sesuai. Setiap orang yang bekerja selalu membutuhkan tempat untuk melakukan pekerjaan tersebut. Tempat seperti itu dikenal dengan sebutan kantor. Arsitek Online Murah Jakarta Kantor memiliki bentuk bangunan yang geometris maupun nongeometris. Besar atau kecilnya sebuah kantor disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan akan kantor tersebut. Umumnya perusahaan yang besar mempunyai kantor yang juga besar dan luas. Namun, ada juga beberapa kantor yang dibangun dengan konsep yang minimalis atau sederhana.

Sebuah kantor yang pada dasarnya dimanfaatkan sebagai tempat menjalankan usaha atau bisnis, pada pembangunannya membutuhkan seni atau desain tertentu. Desain yang diterapkan pada kantor dapat menunjang keindahan dan kesan yang menarik pada kantor tersebut. Lagipula dengan desain kantor yang menarik maka akan membuat para karyawan kantor tersebut menjadi nyaman dan betah. Selain itu, para karyawan juga akan menjadi bersemangat dan bisa meningkatkan kualitas kinerja mereka. Sebegitu kuatnya alasan dibalik mengapa sebuah kantor atau tempat bekerja harus dibuat menjadi senyaman mungkin. Desain interior dan eksterior yang menarik mampu menambah semangat dan gairah para karyawan dalam bekerja. Dengan begitu maka perusahaan pada kantor tersebut akan menjadi maju dan produktif dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, kenyamanan dalam sebuah kantor sangat penting dan harus diperhatikan. Karena tingkat kenyamanan dalam sebuah kantor dapat menentukan tingkat keproduktifan dan kemajuan perusahaan didalam kantor tersebut.

Sebelum melakukan proses mendesain sebuah kantor. Penentuan lokasi, layout, penampilan fisik, penggunaan dan standar konsep kantor menjadi hal yang sangat penting ditentukan oleh organisasi dari kantor tersebut. Dari kategori tersebut dapat memberikan pengaruh yang penting. Di bawah ini adalah penjabarannya.

Lokasi kantor menjadi faktor yang penting karena untuk menentukan kantor diperlukan pertimbangan apakah lokasi kantor mudah untuk dijangkau sarana transportasi atau berada di lingkungan gedung perkantoran. Dengan penentuan lokasi yang baik maka dapat memberikan keuntungan untuk berjalannya suatu bisnis.

Tata ruang dari sebuah kantor biasanya ditentukan juga dari kebutuhan organisasi di perusahaan. Layout terbuka atau biasa disebut dengan open layout  diterapkan pada perusahaan yang memerlukan komunikasi dan kerja tim. Sedangkan untuk non-open-plan layout digunakan organisasi perusahaan yang pekerjanya memerlukan tingkat kosentrasi yang tinggi dan bersifat rahasia.

Desain suatu kantor merupakan suatu ekspresi yang terlihat dari suatu kebiasaan dan identitas dari organisasi dari perusahaan itu. Banyak organisasi sekarang ini berusaha memberikan penampilan dan perasaan untuk pengunjung dan juga suasana bagi karyawan. Desain kantor yang netral mempunyai nilai yang cukup sederhana namun memberikan kesan yang tidak kreatif.

Penentuan untuk kebutuhan luasan dari interior yang digunakan dari masing-masing karyawan sangat bervariasi. Tergantung jabatan, status atau tingkatan yang satu dengan yang lainnya. Untuk pembagian luasan area yang optimal, biasanya status karyawan yang sudah tinggi jabatannya diberikan luasan area kerja tersendiri yang lebih besar dari karyawan biasa sebagai pemberi identitas tingkatan. Selain itu dapat mengoptimalkan fasilitas bagi karyawan outsource ataupun karyawan paruh waktu dengan meja kerja bersama yang tidak sebesar meja kerja karyawan yang bekerja tetap