DESAIN RUMAH BALI

Dengan adanya Peraturan Daerah dimana tidak boleh membuat bangunan lebih dari 15 meter atau tinggi 4 lantai. Sehingga di daerah Bali tidak boleh membangun rumah secara vertikal dan harus menggunakan lahan horizontal setiap kali ada pembanguna rumah ataupun bangunan lainnya. Selain itu juga di bali terdapat banyak pembangunan perhotelan, tempat rekreasi, tempat bisnis, tempat rekreasi dan pariwisata. Hasilnya membuat harga lahan di bali melambung tinggi dengan cepat dan relatif tidak dapat dikejar oleh masyarakat bali sendiri terutama yang berprofesi sebagai karyawan.

Desain-desain rumah bali  kini berfokus pada kebutuhan, efisiensi, tingkat kepraktisan, kesederhanaan bentuk ,peningkatan estetika, menghindari ornamen rumit, dan adaptasi yang tinggi terhadap lokasi bangunan, teknologi yang menguntungkan, dan ketersediaan material namun tetap menggunakan beberapa konsep traditional.

Jasa Arsitek Jakarta dapat memenuhi permintaan client misalnya untuk membangun ruang beribadah dalam rumah, apapun agamanya dapat disesuaikan untuk konsep harmonis dengan Tuhan, kemudian hubungan antar ruang dimana ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, tidak dipisahkan oleh sekat permanen membuat aktivitas keluarga terhubung menjadi satu sehingga terbentuk  konsep harmonis dengan sesama, dan jika mencukupi juga dapat langsung menuju taman atau kolam renang, dimana pintu sliding pemisah antara ruang keluarga dengan taman dan kolam reanang dapat dibuka lebar. Sehingga rumah memiliki ruang extra luas sebagai konsep harmonis dengan alam.

Dalam desain rumah bali, kayu tetap dipertahankan tapi tidak harus menggunakan kayu asli, dapat memakai aluminium lapis kayu, cat bercorak kayu, dan kayu sintetis dimana lebih tahan terhadap cuaca dibanding kayu asli karena faktor kayu zaman sekarang yang lebih banyak berusia muda dan mudah pecah, pilar kayu pun digantikan dengan baja maupun beton kemudian diselimuti oleh bebatuan seperti batu palimanan yang menciptakan kesan kokoh. Rangka atap yang biasanya menggunakan kayu/bambu dapat digantikan oleh baja ringan, dan atap genteng tanah dapat digantikan oleh genteng plat untuk alasan estetika dan agar stylenya dapat mix dengan bagian tengah dan bawah.