DESAIN VILLA

Saat berpergian ke luar daerah, biasanya akan membutuhkan tempat singgah untuk beristirahat sejenak atau menginap. Beberapa fasilitas penginapan yang cukup mudah di temukan di daerah perkotaan diantaranya adalah motel dan hotel. Selain itu juga ada beberapa jeis penginapan yang menawarkan suasana dan fasilitas yang cukup istimewa seperti resort, cottage maupun Villa.

Pengertian villa yaitu sebuah rumah hunian yang biasanya berbentuk rumah milik perorangan dan letaknya jauh dari keramaian dan biasa disewakan untuk tempat tinggal sekaligus liburan. Villa biasanya terletak di luar daerah yang berhawa sejuk seperti pinggiran kota, pegunungan, pantai dan sebagainya.

Villa merupakan pilihan tempat tinggal yang saat nyaman untuk menenangkan diri dan berekreasi. Karena villa biasanya dibangun di tempat yang masih alami. Dengan menginap di villa, bisa beristirahat sambil menikmati suasana alam yang ada.

Pembangunan villa biasanya mengalami perkembangan di daerah puncak dan kawasan pegunungan karena iklimnya yang sejuk dan hawanya segar. Di daerah puncak dikenal dengan hawanya yang sejuk, iklim matahari yang hangat dan jauh dari hiruk pikuk serta ketenangan alamnya yang indah.

Villa banyak ditemui di daerah-daerah wisata alam di Indonesia seperti Kota Batu, Puncak Bogor, Bandung, dan daerah yang lain. Namun karena harganya yang relatif mahal, biasanya hanya orang-orang tertentu seperti pengusaha dan eksekutif mapan yang membeli villa untuk dijadikan rekreasi keluraga bersama saudara serta banyak dijadikan sebagai rumah kedua saat ingin refreshing mapun hanya sekedar beristirahat.

Villa juga banyak yang disewakan untuk sekedar beristirahat tetapi tidak memiliki villa pribadi. Ada berbagai macam dan tipe model villa yang bisa dipilih sesuai keinginan penyewa. Biasanya vila yang banyak diminati adalah villa yang dilengkapi dengan sistem keamanan dan privasi yang baik, serta dapat menikmati pemandangan dan hawa yang sejuk dan nyaman.

Dari segi arsitektur, desain villa mampu mengarahkan view dari dalam ke view luar yang potensial seperti gunung, pantai atau pemandangan lainnya. Di Villa juga banyak menyediakan fasilitas hiburan seperti taman bermain, danau pemancingan, fasilitas olahraga dan sarana rekreasi lainnya.

Banyak orang yang mengunjungi villa saat musim liburan tiba seperti lebaran, natal, tahun baru, imlek, idual adha maupun libur akhir pekan. Jika ingin menginap di villa sebaiknya merencanakan dari awal untuk memesan villa sesuai dengan keinginan. Apalagi jika waktu-waktu libur pasti villa banyak yang penuh. Dapat juga mencari info villa yang tersedia secara online di internet.

Saat ini jenis-jenis villa semakin beragam dilihat dari kebutuhan dan fasilitas yang dimiliki. Disamping itu villa memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan tujuan dalam mendirikannya. Berdasarkan kondisi villa yang didirikan saat ini terdapat jenis viila sebagai berikut:

  • Private Villa

Villa yang berfungsi untuk peristirahatan keluarga yang dimiliki oleh perorangan dan jarang digunakan untuk tujuan komersial. Private villa biasanya berupa bangunan yang berdiri sendiri dan tidak terhubung dengan bangnan yang lainnya.

  • Resort Villa

Villa dimana bangunanya terpisah-pisah. Pelayanan villa berbintang dengan segala kelebihan fasilitasnya. Resort villa dibangun untuk tujuan komersial untuk memperoleh keuntungan dan penyewaan masing-masing unit villa. Pada resort villa biasanya memiliki area landscape yang lebih luas dan villa-villa di dalamnya memiliki hubungan satu sama lain termasuk dalam manajemen.

Sedangkan villa yang telah dikomersilkan memiliki standar jenis kamar villa yang meliputi:

  • Single room, dalam satu kamar terdapat satu tempat tidur untuk satu orang tamu.
  • Twin room, dalam satu kamar terdapat dua tempat tidur untuk dua orang tamu.
  • Double room,dalam satu kamar terdapat satu tempat tidur besar untuk dua orang tamu.
  • Triple room, dalam satu kamar terdapat double bed atau twin bed untuk dua orang atau ditambah extra bed (untuk tiga orang tamu).
  • Junior Suite Room, dalam satu kamar besar terdiri dari ruang tidur dan ruang tamu.
  • Suite Room, terdiri dari dua kamar yaitu kamar tidur untuk dua orang dan ditambah ruang tamu, ruang makan dan dapur kecil.
  • Presiden Suite Room, terdiri dari tiga kamar besar, kamar tidur, kamar tamu, kamar makan dan dapur kecil.

Saat ingin mendesain villa, sebagian orang pasti bingung bagaimana membuat sebuah villa yang nyaman dikunjungi. Sebenarnya hal ini merupakan kesalahan umum yang dilakukan karena kurangnya pengetahuan. Untuk membantu mendesain villa , berikut ini langkah-langkah mendesain villa yang nyaman.

  • Memulai dengan Hal Sederhana

Misalkan memikirkan seperti apa villa yang anda inginkan, fitur apa saja yang akan anda wujudkan pada villa , dan berbagai hal lainnya. Pada langkah pertama ini,tidak perlu menyewa jasa arsitektur. Ekspresikan sesuai keinginan untuk membuat sketsa kasar sebagai bahan acuan pembangunan pada nantinya.

  • Berfikir ke Depan

Villa yang akan dibangun digunakan untuk apa, untuk siapa, dan akankah villa tadi menunjang segala kegiatan dengan keluarga. Jadi jangan sampai berpikiran mengenai villa seperti apa yang diinginkan saat ini. Sebagai tempat rekreasi, tentunya villa harus mampu mengakomodir segala kebutuhan pemakainya. Jangan hanya melihat dari satu sisi trend saja, namun ada baiknya melihat dari segi kebutuhan dan berbagai point penting agar desain villa benar – benar maksimal.

  • Mengenali dengan Baik Lahan Pembangunan Villa

Mengingat lokasi pembangunan villa berbeda dengan lokasi pembangunan rumah biasa, maka sudah jelas jika tekstur tanah, bentuk tanah, dan berbagai perbedaan lainnya pasti ada. Dari sini tentu  harus mempertimbangkan segala sesuatu dengan baik mengingat lahan tadi akan dijadikan sebuah villa. Prioritaskan hal yang ingin dibangun misalnya bangunan utama dan fasilitas yang  diinginkan. Memaksimalkan lahan yang ada dan mengenalinya merupakan kunci dalam membangun villa yang aman, nyaman, dan indah tentunya.

  • Sirkulasi Udara, Fungsi Ruang dan Pencahayaan

Sebuah villa harus memiliki sirkulasi udra yang baik. Selain itu, fungsi ruang juga sangat mempengaruhi kenyamanan sebuah villa. Memperhatikan pencahayaan penting untuk lakukan. Tentunya pencahayaan tersebut berkenaan dengan pencahayaan di malam hari serta pencahayaan di siang hari.Pencahayaan di malam hari tentu saja anda harus memperhatikan jumlah dan letak lampu, serta menyesuaikannya dengan desain yang villa. Sedangkan pencahayaan di siang hari merupakan penyesuaian dari arah datangnya cahaya matahari dan desain villa.